Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Masjid Agung Jepara: Destinasi Religi Favorit


 
Wisata Masjid Agung Jepara merupakan salah satu tempat wisata budaya di daerah jepara, tempat wisata yang terletak di daerah kauman jepara kabupaten jepara jawa tengah berada tepat di pusat kota jepara sebelah selatan alun alun kota jepara dan hanya berjarak beberapa meter saja dari pendopo kabupaten jepara.

Masjid Agung Jepara ini menjadi destinasi wisata budaya religi yang cukup favorit di kalangan umat muslim, bagaimana tidak di masjid ini kalian akan merasakan aura yang tenang dan adem serta kalian akan di beritahukan bagaimana awal perjuangan penyebaran islam di jepara yang salah satunya melalui Masjid Agung Jepara ini.

Masjid ini didirikan pada masa Pangeran Arya Jepara, anak angkat dari Ratu Kalinyamat. Awalnya, masjid ini berpindah tempat dari Kota Kalinyamat ke daerah Jepara. Pada awalnya, masjid ini menggunakan bahan dasar kayu jati untuk pembangunannya. Nantinya, dilakukan rehabilitasi untuk memperbesar bangunan dan akhirnya digunakan bahan dasar beton. Meski terlihat seperti bangunan modern, masjid ini masih menampilkan sisi kuno di dalamnya. Salah satunya adalah penggunaan beberapa kayu untuk bagian plafonnya.

Keunikan Masjid Agung Jepara

Masjid Agung Jepara memiliki beberapa keunikan yang membuatnya sangat menarik untuk di jadikan tempat wisata budaya religi serta ibadah, berikut akan saya jelaskan beberapa keunikan Masjid Agung Jepara:
  • Sejarah dan Arsitektur: Masjid ini dibangun pada masa Pangeran Arya Jepara, anak angkat Ratu Kalinyamat. Awalnya, masjid ini dibangun sepenuhnya dari kayu jati, tetapi seiring waktu (dengan adanya beberapa kali renovasi) sebagian besar konstruksinya berubah menjadi beton seperti masjid modern pada umumnya. Meskipun demikian, bangunan kayu jati masih terlihat di beberapa bagian, terutama pada pilar masjid yang sangat terlihat kokoh meskipun sudah bertahun tahun.
  • Ukuran dan Kapasitas: Masjid ini memiliki luas bangunan 1.935 m dan luas keseluruhan 3.490 m. Masjid ini dapat menampung hingga 2.000 orang ketika bulan ramadhan masjid ini juga sangat ramai di kunjungi oleh masyarakat yang ingin berbuka ataupun taraweh bersama, untuk kalian tidak perlu khawatir masalah tempat ibadah karena masjid ini sangat luas.
  • Ukiran Kayu: Konstruksi kayu yang masih ada di masjid ini memiliki elemen ukiran yang beragam. saat kalian masuk ke masjid kalian akan banyak melihat ukiran ukiran khas kerajinan jepara pada serambi atap bahkan pilar masjid . dengan banyaknya ukiran ukiran di dalam masjid agung jepara ini membuat kita akan merasakan wisata budaya dari masjid agung jepara, kalian akan di perlihatkan betapa cantiknya ukiran khas jepara yang tertatah rapi di ruang utama masjid.
  • Identitas Wilayah Jepara: Selain terkenal dengan seni ukir kayunya jepara juga terkenal dengan salah satu Masjid Agung Jepara ini, seperti sudah menjadi identitas wisata budaya religi di jepara, dengan sejarah penyebaran islam di jepara Masjid ini sangat menjadi titik sentral dari penyebaran islam di jepara, oleh karena itu masjid ini menjadi salah satu tempat yang paling di sukai banyak wisatawan di jepara.

Cara Menuju Masjid Agung Jepara

Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK): Anda bisa mengambil pesawat dari bandara CGK ke bandara Adi Sumarmo (PLG) di Solo. Setelah tiba di Solo, ambil pesawat ke bandara Adi Warna (SRG) di Semarang. Dari bandara SRG, Anda bisa mengambil bus atau taxi ke terminal bus intercity di Semarang. Dari terminal bus, Anda bisa mengambil bus ke Jepara. Waktu tempuh dari bandara CGK ke Jepara adalah sekitar 5 jam.
Dari Bandara Adi Sumarmo (PLG) Solo: Anda bisa mengambil pesawat dari bandara PLG ke bandara Adi Warna (SRG) di Semarang. Setelah tiba di Semarang, ambil pesawat ke bandara Adi Warna (SRG) di Semarang. Dari bandara SRG, Anda bisa mengambil bus atau taxi ke terminal bus intercity di Semarang. Dari terminal bus, Anda bisa mengambil bus ke Jepara. Waktu tempuh dari bandara PLG ke Jepara adalah sekitar 3 jam.
Dari Bandara Adi Warna (SRG) Semarang: Anda bisa mengambil pesawat dari bandara SRG ke bandara Adi Warna (SRG) di Semarang. Setelah tiba di Semarang, ambil pesawat ke bandara Adi Warna (SRG) di Semarang. Dari bandara SRG, Anda bisa mengambil bus atau taxi ke terminal bus intercity di Semarang. Dari terminal bus, Anda bisa mengambil bus ke Jepara. Waktu tempuh dari bandara SRG ke Jepara adalah sekitar 1 jam.
Perlu diperhatikan bahwa waktu tempuh bisa bervariasi tergantung pada kondisi lalu lintas dan perubahan rute. Selalu lakukan perjalanan dengan aman dan selamat.

Tips Wisata Ke Masjid Agung Jepara

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Masjid Agung Jepara Ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan agar membuat kunjungan kalian menyenangkan dan tidak ada masalah berikut beberapa tips wisata ke Masjid Agung Jepara:

  • Datang Tepat Waktu: Datang tepat waktu adalah kunci untuk menikmati pengalaman ibadah di masjib. Waktu terbaik untuk sholat adalah sekitar pukul 03.00 - 04.00 pagi. Jika Anda tidak perlu mengikuti sholat, datang tepat waktu buka masjib (setelah waktu subuh) bisa memberikan pengalaman yang lebih santai.
  • Edukasi Sejarah dan Budaya: Edukasi tentang sejarah dan budaya lokal adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengalaman keluarga. Anda bisa membawa anak-anak Anda untuk belajar tentang masjid ini dan bagaimana masjid ini berfungsi dalam komunitas lokal.
  • Mengenal Lebih Dekat Arsitektur dan Detail: Masjid ini memiliki banyak detail dan ukiran yang indah. Jadi, jangan ragu untuk menghabiskan waktu Anda untuk melihat lebih dekat dan mempelajari tentang masjid ini. Anda bisa membuat game edukasi untuk anak-anak Anda tentang masjid ini.
  • Menyebarkan Informasi: Sebagai pengunjung, Anda juga memiliki peran penting untuk menyebarkan informasi tentang masjid ini. Jangan ragu untuk mengambil foto atau video untuk dibagikan ke media sosial atau kepada teman-teman Anda. Ini akan membantu masyarakat Jepara dan sekitarnya mengetahui lebih banyak tentang warisan budaya lokal mereka.
  • Membawa Perlengkapan Kesehatan: Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat – obatan, antiseptik). bagi kalian yang datang menggunakan kendaraan pribadi jangan lupa untuk cek kendaraan kalian dan membawa perlengkapan berkendara dengan baik agar selamat sampai ke tujuan.
Ingatlah untuk selalu menghargai dan menghormati lingkungan masjib. Jangan membawa makanan atau minuman keras, dan pastikan untuk tidak membuat suara yang terlalu keras untuk mengganggu ibadah orang lain.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan tentang wisata Masjid Agung Jepara bagi kalian yang tertarik dan hendak datang berkunjung jangan lupakan tips yang kami berikan di atas supaya liburan anda jadi lebih menyenangkan dan jangan lupa patuhi aturan yang berlaku tidak membuang sampah sembarangan, Selamat berlibur.

Posting Komentar untuk "Wisata Masjid Agung Jepara: Destinasi Religi Favorit"