Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia di Balik Return Saham Tinggi: Membongkar Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan Part 2

 Teknik analisis data pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) Tingkat suku bunga berpengaruh negatif pada return saham. 2) Nilai tukar rupiah berpengaruh negatif pada return saham. 3) Leverage (DER) berpengaruh positif pada return saham. 4) Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif pada return saham. 5) Seluruh variabel berpengaruh signifikan pada return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu ROA dan DER.

3. Jenis penelitian dan sumber data yang digunakan sama yaitu penelitian kuantitatif dan data sekunder berupa laporan keuangan dari situs BEI.

4. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linear berganda. 

5. Teori yang digunakan sama yaitu signalling theory.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. Periode penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah periode 2010 - 2014. Namun, periode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah periode 2012 - 2016.

3. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian terdahulu tidak disebutkan. Namun, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah metode dokumentasi.

6. Hidayat dan Isroah (2016)

Tujuan penelitian Hidayat dan Isroah (2016) ialah untuk mengetahui pengaruh karakteristik keuangan (EPS, DER, ROE), ukuran perusahaan, dan inflasi terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang terdaftar ke dalam Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak 29 perusahaan, sehingga total keseluruhan sampel pengamatan selama tiga tahun ialah 87 sampel. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah periode 2010 – 2012.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari karakteristik keuangan (EPS, DER, ROE), ukuran perusahaan, dan inflasi, serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis data pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) EPS berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. 2) DER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham. 3) ROE berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. 4) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 5) Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 6) Seluruh variabel mempengaruhi return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu EPS, DER dan ukuran perusahaan.

3. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

4. Metode pengumpulan data yang digunakan sama yaitu metode dokumentasi.

5. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linear berganda.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang masuk kedalam daftar indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu tidak disebutkan. Namun, pada penelitian ini teori yang digunakan ialah teori signalling.

3. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2010 – 2012. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah tahun 2012 – 2016.

7. Sudarsono dan Sudiyatno (2016)

Tujuan penelitian Sudarsono dan Sudiyatno (2016) ialah untuk menguji pengaruh faktor ekonomi makro meliputi inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS, juga untuk menguji pengaruh fundamental perusahaan meliputi return on assets (ROA), debt to equity ratio (DER), dan ukuran perusahaan terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak 47 perusahaan. Periode penelitian terdahulu ialah tahun 2009-2014.

Variabel yang digunakan pada periode penelitian ialah variabel independen yang terdiri dari inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar, ROA, DER, dan ukuran perusahaan, serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis data pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) Inflasi berpengaruh negatif terhadap return saham. 2) Tingkat suku bunga berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. 3) Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. 4) ROA berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap return saham. 5) DER berpengaruh positif tidak signifikan terhadap return saham. 6) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu ROA, DER, dan ukuran perusahaan.

3. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linear berganda.

4. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah arbitrage pricing theory (APT). Namun, teori pada penelitian ini ialah signalling theory.

2. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

3. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2009 – 2014. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah tahun 2012 – 2016. 

8. Abdullah et al (2015)

Tujuan penelitian Abdullah et al (2015) ialah untuk mengkaji dampak leverage keuangan dan ukuran perusahaan terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Dhaka Stock Exchange dengan jumlah sampel sebanyak lima perusahaan, yaitu Fu-Wang Ceramic, Fine Foods Limited, Olympic Industries, Metro Spinning, dan Rahim Textiles. Periode penelitian pada penelitian ini ialah tahun 2008 – 2012.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari leverage (DER) dan ukuran perusahaan, serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah Ordinary Least Square (OLS) regression model. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) leverage (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham pada kelima perusahaan manufaktur yang dipilih. 2) ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada kelima perusahaan manufaktur yang dipilih.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu DER dan ukuran perusahaan.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Dhaka Stock Exchange. Namun, sampel penelitian pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. Periode penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah tahun 2008 – 2012. Namun, periode penelitian  yang digunakan pada penelitian ini ialah tahun 2012 - 2016.

3. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah Ordinary Least Square (OLS). Namun, teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linear berganda.

4. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu tidak disebutkan. Namun, teori yang digunakan pada penelitian ini ialah signalling theory.

Posting Komentar untuk "Rahasia di Balik Return Saham Tinggi: Membongkar Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan Part 2"