Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia di Balik Return Saham Tinggi: Membongkar Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan Part 3

Raningsih dan Putra (2015)

Tujuan penelitian Raningsih dan Putra (2015) ialah untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas, leverage, likuiditas, aktivitas, dan ukuran perusahaan terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 32 perusahaan. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2010 – 2013.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari profitabilitas (ROA), leverage (DER), likuiditas (CR), aktivitas (ITO), dan ukuran perusahaan, serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis data pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) ROA berpengaruh positif terhadap return saham. 2) Leverage (DER) berpengaruh positif terhadap return saham. 3) Likuiditas (CR) berpengaruh negatif terhadap return saham. 4) Aktivitas (ITO) tidak berpengaruh terhadap return saham. 5) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linear berganda

3. Variabel independen yang digunakan sama yaitu ROA, DER, dan ukuran perusahaan.

4. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah tidak disebutkan. Namun, teori yang digunakan pada penelitian ini ialah signalling theory.

3. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2010 – 2013. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah tahun 2012 - 2016.

10. Carlo (2014)

Tujuan penelitian Carlo (2014) ialah untuk menguji pengaruh ROE, DPR, dan PER terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang terdaftar kedalam indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak 47 perusahaan, sehingga total keseluruhan sampel pengamatan selama tiga tahun ialah 105 sampel. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2010 – 2012. Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari ROE, DPR, dan PER, serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) ROE berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. 2) DPR berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. 3) PER tidak berpengaruh terhadap return saham. 

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu PER.

3. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu analisis regresi linear berganda.

4. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

5. Sumber data yang digunakan sama yaitu data sekunder berupa laporan keuangan yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia.

6. Teori yang digunakan sama yaitu signalling theory.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang masuk kedalam daftar indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. Periode penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah tahun 2010 – 2012. Namun, periode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah tahun 2012 - 2016. 

11. Purnamaningsih dan Wirawati (2014)

Tujuan penelitian Purnamaningsih dan Wirawati (2014) ialah untuk mengetahui pengaruh return on assets (ROA), struktur modal, dan price to book value (PBV) terhadap return saham, sekaligus untuk mengetahui kemampuan good corporate governance (GCG) dalam memoderasi pengaruh ROA, struktur modal, dan PBV terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak 33 sampel selama periode penelitian. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2010 – 2012.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari return on assets (ROA), struktur modal yang diproksikan dengan debt to equity ratio (DER), dan price to book value (PBV), serta variabel dependen yaitu return saham dan juga variabel moderasi yaitu good corporate governance yang diproksikan dengan corporate governance perception index (CGPI). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linier berganda dan moderated regression analysis. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) ROA tidak berpengaruh signfikan terhadap return saham. 2) Struktur modal (DER) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap return saham. 3) PBV berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu ROA dan DER.

3. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah teori keagenan. Namun, teori yang digunakan pada penelitian ini ialah signalling theory.

2. Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu sebanyak tiga variabel yaitu variabel independen, variabel dependen, dan variabel moderasi berupa good corporate governance. Namun, variabel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak dua variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen.

3. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

4. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2010 – 2012. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah tahun 2012 – 2016.

5. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi. Namun, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi berganda. 

12. Nirayanti dan Widhiyani (2014)

Tujuan penelitian Nirayanti dan Widhiyani (2014) ialah untuk meneliti pengaruh kebijakan dividen (DPR), debt to equity ratio (DER), dan price earning ratio (PER) terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang terdaftar kedalam indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2011 – 2013.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari DPR, DER, dan PER, serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) DPR berpengaruh positif terhadap return saham. 2) DER berpengaruh negatif terhadap return saham. 3) PER berpengaruh positif terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu DER dan PER

3. Sumber data yang digunakan sama yaitu data sekunder berupa laporan keuangan yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia.

4. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linear berganda.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang masuk kedalam indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. Periode penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah tahun 2011 – 2013. Namun, periode penelitian  yang digunakan pada penelitian ini ialah tahun 2012 - 2016.

3. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu tidak disebutkan. Namun, teori yang digunakan pada penelitian ini ialah signalling theory.

13. Suarjaya dan Rahyuda (2013)

Tujuan penelitian Suarjaya dan Rahyuda (2013) ialah untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental yang diproksikan dengan DER, EPS, NPM, dan PBV terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 12 perusahaan. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2008 – 2011. Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu yaitu variabel independen yang terdiri dari EPS, DER, NPM, dan PBV, serta variabel dependen yaitu return saham. 

Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah sebagai berikut: 1) DER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. 2) EPS tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. 3) NPM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. 4) PBV tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu EPS dan DER.

3. Sumber data yang digunakan sama yaitu data sekunder yang diperoleh dari situs BEI.

4. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

5. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linear berganda.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI. Namun, sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di BEI 

2. Periode penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah tahun 2008 – 2011. Namun, periode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah tahun 2012 – 2016.

3. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah tidak disebutkan. Namun, teori yang digunakan pada penelitian ini ialah signalling theory.

Berdasarkan review penelitian terdahulu diatas, maka secara lengkap riset tentang rasio profitabilitas (ROA dan EPS), rasio solvabilitas (DER), rasio penilaian pasar (PER), dan ukuran perusahaan terhadap return saham terangkum dalam tabel matriks sebagai berikut:


Posting Komentar untuk "Rahasia di Balik Return Saham Tinggi: Membongkar Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan Part 3"