Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia di Balik Return Saham Tinggi: Membongkar Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan

Rahasia Return Saham Tinggi

2.1 Penelitian Terdahulu

Pada sub bab ini akan menguraikan secara garis besar mengenai penelitian terdahulu yang berkaitan dengan variabel rasio keuangan dan ukuran perusahaan terhadap return saham.

1. Handara dan Purbawangsa (2017)

Tujuan penelitian Handara dan Purbawangsa (2017) ialah untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan yang diproksikan dengan ROE, DER, EPS, dan CR, kondisi pasar modal (IHSG), dan perubahan nilai tukar (Rupiah terhadap Dolar AS) terhadap return saham pada perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia. Sampel pada penelitian terdahulu ialah perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2015 sejumlah 11 perusahaan, sehingga total keseluruhan pengamatan selama lima tahun ialah sebanyak 55 sampel. Periode penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu ialah tahun 2010 – 2015. 

Variabel yang digunakan didalam penelitian terdahulu ini ialah variabel independen yang terdiri dari rasio keuangan (ROE, DER, EPS, dan CR), kondisi pasar modal (IHSG), dan perubahan nilai tukar, serta variabel dependen ialah return saham. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian terdahulu ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu didalam penelitiannya ialah: 1) ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 2) DER berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. 3) EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 4) CR berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 5) pertumbuhan IHSG berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 6) perubahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu DER dan EPS.

3. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linier berganda.

4. Jenis penelitian dan sumber data yang digunakan sama yaitu penelitian kuantitatif dan data sekunder berupa laporan keuangan yang diunduh dari situs BEI.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode pengambilan sampel berupa non probability sampling dengan teknik sensus (sampling jenuh). Namun, sampel penelitian pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi uang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode pengambilan sampel berupa purposive sampling. 

2. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah teori makro ekonomi. Namun, teori yang digunakan pada penelitian ini ialah signalling theory.

3. Periode penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah periode 2011-2015. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah periode 2012-2016. 

4. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah metode observasi non partisipan. Namun, metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah metode dokumentasi. 

2. Aisah dan Mandala (2016)

Tujuan penelitian Aisah dan Mandala (2016) ialah untuk mengetahui pengaruh return on equity (ROE), earning per share (EPS), firm size, dan operating cash flow terhadap return saham. Sampel pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang terdaftar di perusahaan Indeks Kompas 100 periode 2011 – 2015 dengan sampel sebanyak 22 perusahaan. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2011 – 2015.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari ROE, EPS, ukuran perusahaan, dan aliran arus kas, serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah sebagai berikut: 1) operating cash flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 2) EPS berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. 3) ROE tidak berpengaruh terhadap return saham. 4) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu EPS dan ukuran perusahaan.

3. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

4. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu regresi linear berganda.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan yang terdaftar di perusahaan indeks Kompas 100. Namun, sampel penelitian pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah tahun 2011 – 2015. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah tahun 2012 – 2016.

3. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah metode observasi non partisipan. Namun, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah metode dokumentasi

3. Nugraha dan Mertha (2016)

Tujuan penelitian Nugraha dan Mertha (2016) ialah untuk menguji likuiditas sebagai variabel pemoderasi pengaruh profitabilitas dan struktur modal pada return saham. Sampel pada penelitian terdahulu ialah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 – 2013 dengan jumlah sampel sebanyak 96 perusahaan, sehingga total dari keseluruhan pengamatan selama empat tahun ialah sebanyak 384 sampel. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah 2010-2013.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari variabel profitabilitas (ROA) dan variabel struktur modal (DER), variabel dependen yaitu return saham, serta variabel moderasi yaitu likuiditas (CR). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 2) Struktur modal (DER) tidak berpengaruh terhadap return saham. 3) Likuiditas memperlemah pengaruh profitabilitas secara signifikan pada return saham, likuiditas juga tidak mampu memoderasi secara signifikan pengaruh struktur modal pada return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.
2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu ROA dan DER
3. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.
4. Jenis penelitian dan sumber data yang digunakan sama yaitu penelitian kuantitatif dan data sekunder berupa laporan keuangan yang diunduh dari situs BEI.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Teori yang digunakan pada penelitian terdahulu tidak disebutkan. Namun, teori yang digunakan pada penelitian ini ialah signalling theory.

2. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah periode 2010 - 2013. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah periode 2012 - 2016.

3. Teknik analisis data pada penelitian terdahulu ialah moderated regression analysis (MRA). Namun, teknik analisis data pada penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda.

4. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

4. Parwati dan Sudiartha (2016)

Tujuan penelitian Parwati dan Sudiartha (2016) ialah untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang dilihat dari tingkat profitabilitas, leverage, likuiditas, dan penilaian pasar terhadap return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak 35 perusahaan, sehingga total keseluruhan pengamatan selama lima tahun yaitu 175 sampel. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah 2010-2014.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel independen yang terdiri dari rasio probabilitas (ROA), rasio leverage (DER), rasio likuiditas (CR), dan penilaian pasar (PER), serta variabel dependen yaitu return saham. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu ialah: 1) ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 2) DER berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. 3) CR berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. 4) PER berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.

Persamaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Variabel dependen yang digunakan sama yaitu return saham.

2. Variabel independen yang digunakan sama yaitu ROA, DER, dan PER.

3. Jenis penelitian dan sumber data yang digunakan sama yaitu penelitian kuantitatif dan data sekunder beruapa laporan keuangan dari situs BEI.

4. Teori yang digunakan sama yaitu signalling theory.

5. Teknik analisis data yang digunakan sama yaitu  regresi linear berganda.

6. Metode pengambilan sampel yang digunakan sama yaitu purposive sampling.

Perbedaan pada penelitian ini dengan penelitian terdahulu ialah sebagai berikut:

1. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah metode observasi non partisipan. Namun, metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah metode dokumentasi. 

2. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah periode 2010 - 2014. Namun, periode penelitian pada penelitian ini ialah periode 2012 - 2016.

3. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Namun, sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

5.  Saputra dan Dharmadiaksa (2016)

Tujuan penelitian Saputra dan Dharmadiaksa (2016) ialah untuk menganalisis pengaruh suku bunga, nilai tukar rupiah, leverage (DER), dan profitabilitas (ROA) pada return saham. Sampel penelitian pada penelitian terdahulu ialah perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan total keseluruhan pengamatan selama lima tahun sebanyak 130 sampel. Periode penelitian pada penelitian terdahulu ialah periode 2010-2014.

Variabel yang digunakan pada penelitian terdahulu ialah variabel indepdenden yang terdiri dari tingkat suku bunga, nilai tukar rupiah, leverage (DER), dan profitabilitas (ROA), serta variabel dependen yaitu return saham. 

Posting Komentar untuk "Rahasia di Balik Return Saham Tinggi: Membongkar Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan"